My Profile

Foto saya
Lamongan jawa timur, Indonesia
Jangan lihat aku dari luar..............!!!!!

Minggu, 23 Oktober 2011

Stres


Oleh : Khoirul Hanafi

Stres memang akrab dengan keseharian kita. Mungkin karena stres sudah dianggap sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, banyak orang yang tidak menyadari keberadaan stres. Apalagi tanda-tanda stres sangat umum.
Untuk mengetahui seseorang mengalami stres atau tidak, diperlukan pengamatan gejala, baik fisik maupun psikis selama dua minggu.
Secara psikologis stres tampil dalam wujud perasaan cemas, panik, perilaku gelisah, emosi labil, cepat tersinggung, malas, frustasi, dan sebagainya.Selain itu stres juga mendatangkan gejala fisik, seperti gangguan hormonal, sakit maag, pusing, sakit kepala, sakit pinggang, sering masuk angin, sulit berkonsentrasi, serta gangguan tidur.
"Rasa cemas berlebihan karena stres akan memacu hormon tertentu di dalam tubuh yang bisa meningkatkan peningkatan denyut jantung dan darah. Rasa cemas juga akan memicu produksi asam lambung
Cemas berkepanjangan juga akan menyebabkan ketegangan otot-otot tubuh. "Akibatnya muncul keluhan sering sakit kepala, gampang masuk angin, dan kelelahan kronis," imbuhnya.
Tidak jarang pasien yang sebenarnya memiliki stres berpindah-pindah dokter karena keluhan yang tidak kunjung hilang. Obat yang diminum pun tidak ada yang manjur. "Dalam dunia kedokteran gejala itu disebut psikosomatis, sehat tapi merasa sakit," katanya.
Surjo menyebutkan, sekitar 20-30 persen pasien yang berobat ke dokter umum sebenarnya adalah orang yang mengalami keluhan fisik karena stres.


’’’’’’’’’’’’’’’’’


Minuman soda bisa jadi merupakan minuman yang paling digemari karena menyegarkan. Sayangnya minuman bersoda ini tidak baik bagi kesehatan. Ketahui minuman sehat yang menyegarkan dan jadi alternatif selain soda.Mengonsumsi soda atau minuman berkarbonasi terlalu sering bisa bikin gemuk, merusak gigi karena kandungan gula yang tinggi serta meningkatkan risiko osteoporosis.Meski kurang baik, minuman ini masih saja digemari oleh masyarakat terutama saat cuaca panas. Kandungan asam fosfor dalam minuman soda yang menimbulkan sensasi kesegaran atau gelembung-gelembung udara.Tapi ada beberapa minuman yang bisa menjadi pilihan alternatif dibanding soda, 

Teh hijau

Saat ini teh hijau lebih bervariasi, bila dikonsumsi dingin ia akan memberikan kesegaran seperti halnya minuman soda. Teh ini tidak hanya memiliki kalori relatif lebih sedikit, tapi juga manfaat kesehatan lain seperti penyakit jantung, kegemukan, hipertensi, stres dan antioksidan. Agar terasa lebih nikmat tambahkan sedikit madu.

Susu rendah lemak/susu kedelai
 
Minuman ini mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan mencegah osteoporosis, sehingga lebih sehat dibanding dengan soda yang justru bisa membuat seseorang kekurangan kalsium. Selain itu susu juga mengandung protein kualitas terbaik, riboflavin dan mineral penting.

Buah segar yang dingin
Beberapa buah-buahan berair segar yang dicampur dengan es akan menyegarkan saat musim panas dari kepala hingga kaki. Buah ini tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral tapi juga mengandung gula alami yang cepat memberikan energi dan antioksidan untuk melawan stres.

Es teh
 
Minuman ini bisa dibuat dengan mudah, agar lebih sehat buatlah es teh sendiri dengan menggunakan gula rendah kalori atau pemanis alami seperti madu. Es teh bisa juga ditambahkan dengan lemon, mint, kayu manis atau vanili.

Jus sayuran dan kaldu
 
Mencampurkan beberapa sayuran dengan kaldu bisa menyehatkan tubuh. Sayuran ini tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, sedangkan kaldu diketahui mengandung nutrisi penting lainnya.

Air putih
 
Air putih tidak hanya membuat seseorang tetap terhidrasi, tapi membantu membilas racun dari tubuh, mempertahankan pH dalam darah dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Agar terasa lebih segar tak ada salahnya sesekali mengonsumsi air putih yang ditambah es batu.***

’’’’’’’’’’’’’’
MAKAN stroberi ternyata menjadi salah satu cara simpel menjauhkan penyakit kanker dari tubuh kita, terutama bagi yang berisiko, menurut hasil penelitian di The Ohio State University Comprehensive Cancer Center dan digelar oleh Arthur G James dan Richard J. Solove beersama peneliti asal China.

Penelitian itu menyimpulkan bahwa enam bulan pengobatan dengan mengonsumsi stroberi merupakan cara yang aman dan mudah untuk mencegah kanker. Selain itu, data awal menunjukkan bahwa stroberi bisa menurunkan derajat keganasan lesi prakanker dan mengurangi kejadian molekuler kanker, " kata Tong Chen, peneliti utama, dan asisten profesor di Ohio State. 
’’’’’’’’’’’’’’
Sebuah penelitian menyebutkan banyak mengkonsumsi apel setiap hari dapat membuat kadar kolestrol stabil.

Selain membuat kadar kolestrol stabil, konsumsi apel juga bisa menurunkan berat badan. Mereka menemukan fakta, wanita yang makan apel kering 75g sehari selama enam bulan, akan menyebabkan kolestrol jahat (LDL) menurun hampir seperempat.

Sebaliknya, senyawa lain yang terkait dengan penyakit jantung dan struk yakni kolestrol baik (HDL) juga akan turun sekitar empat persen.
…………………………..
Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat menjadi faktor risikopenyakit jantung dan pembuluh darah. Kebanyakan penyebabkolesterol tinggi adalah dari makanan, tapi buah dan sayur berikut justru bagus untuk menurunkan kolesterol jahat.

Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah dan sel-sel tubuh, dan merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh manusia untuk menjalankan fungsi utamanya. Menurut American Heart Association (AHA), kolesterol digunakan untuk membentuk membran sel dan hormon.
‘’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’
Badan yang sehat antara lain ditengarai dengan kemampuan tubuh untuk mempertahankan berat badan ideal. Berat badan ideal adalah berat badan yang serasi dengan tinggi badan menurut rumus tertentu kemudian hasilnya disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan.
Pada orang dewasa, dikenal dengan rumus indeks massa tubuh, yakni berat badan (BB) dibagi dengan tinggi badan (meter) kuadrat. Sedangkan pada bayi dan balita dapat diukur dengan menimbangnya, kemudian dicatat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS). Anak yang sehat, makin bertambah umur, bertambah berat badannya.

’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’
Pekerja keras selalu bekerja tak kenal waktu, bahkan jatah lembur pun dianggap sebagai rezeki tersendiri. Padahal terlalu sering kerja lembur juga punya risiko, yakni peningkatan risiko serangan jantung akibat stres yang tidak disadari. 

Sebugar-bugarnya tubuh dan pikiran manusia, jika diberi kesempatan untuk istirahat maka akan mengalami stres secara fisik maupun psikologis. Berbagai penelitian telah membuktikan, kortisol atau stres adalah salah satu pemicu serangan jantung. 

Penelitian terbaru yang dilakukan di University College London mengungkap, karyawan yang setiap hari bekerja lebih dari 11 jam lebih rentan mengalami serangan jantung. Risikonya sekitar 67 persen lebih tinggi dibandingkan karyawan yang bekerja 7-8 jam/hari. 
‘’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’’
Minum setelah makan itu bagus. Tapi 9 hal berikut ini sebaiknya jangan Anda lakukan setelah makan.


1. JANGAN MEROKOK SETELAH MAKAN
Merokok saja sudah merusak tubuh, apalagi jika dilakukan setelah makan. Berdasarkan penelitian, mengisap sebatang rokok setelah makan, sama saja dengan merokok sepuluh batang, sehingga kemungkinan terserang kanker jauh lebih besar.

2. JANGAN MAKAN BUAH SETELAH MAKAN

Makan buah segera setelah makan sebaiknya dihindari, karena membuat perut dipenuhi udara alias kembung. Sebaiknya, konsumsilah buah 1-2 jam setelah makan atau 1 jam sebelum makan. Ini akan membuat perut Anda kenyang dan makan tidak terlalu banyak.

3. JANGAN MINUM TEH/KOPI SETELAH MAKAN

Teh dan kopi memiliki kandungan asam yang tinggi. Hal ini menyebabkan kandungan protein dalam makanan sulit dicerna. Selain itu, minum teh atau kopi setelah makan dapat menyebabkan hambatan penyerapan zat besi dalam tubuh hingga 80 persen. Padahal zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tuuh manusia.

4. JANGAN MENGENDURKAN IKAT-PINGGANG SETELAH MAKAN

Mengendurkan ikat-pinggang setelah makan dapat menyebabkan usus terbelit dan tersumbat.

5. JANGAN MANDI SETELAH MAKAN

Mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

6. JANGAN BERJALAN-JALAN SETELAH MAKAN

Berjalan kan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah Anda makan.

7. JANGAN LANGSUNG TIDUR SETELAH MAKAN

Jangan ikuti kantuk Anda. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

8. JANGAN MINUM AIR ES SETELAH MAKAN

Air dingin akan membekukan makanan berminyak, terutama berlemak, yang Anda santap. Lemak itu akan terbentuk dalam usus dan akan mengakibatkan menyempitnya saluran-saluran pencernaan sehingga menimbulkan kegemukan. Gantilah dengan air hangat.

9. JANGAN PERGI SETELAH MAKAN

Kebiasaan ini tidak berdampak pada kesehatan Anda sih. Tapi kok kurang sopan ya!
’’’’’’’’’’’’’’’

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar